Fakta-Fakta Piala Asia 2023 yang Perlu Diketahui

Thursday, 11 January 2024
Fakta-Fakta Piala Asia 2023 yang Perlu Diketahui
Fakta-Fakta Piala Asia 2023 yang Perlu Diketahui

paradapos.com - Satu tahun setelah Piala Dunia FIFA 2022 yang bersejarah, Qatar akan mempertahankan mahkotanya sebagai juara sepak bola Asia ketika menjadi tuan rumah bagi tim-tim terbaik benua itu di Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 yang diikuti 24 tim ini akan berlangsung pada 12 Januari di Stadion Lusail yang ikonik, tempat Argentina asuhan Lionel Messi mengangkat mahkota Piala Dunia ketiga mereka di hadapan hampir 89.000 penggemar.

Timnas Indonesia ikut bagian dalan Piala Asia 2023 yang akan dipenuhi oleh para bintang sepak bola dari negeri-negeri Asia. Termasuk para pemain Asia yang bermain di Eropa ikut memperkuat negaranya masing-masing.

Siapa tuan rumahnya?
Tiongkok terpilih sebagai tuan rumah turnamen tersebut, yang semula dijadwalkan akan dimainkan di 10 kota dengan stadion yang sebagian besar baru dibangun pada bulan Juni dan Juli 2023. Namun, negara tersebut melepaskan hak menjadi tuan rumah karena pandemi COVID-19 dan dampak buruknya. kebijakan nol-COVID.

Pada bulan Oktober 2022, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan Qatar sebagai negara tuan rumah baru, karena kesiapannya menjadi tuan rumah Piala Dunia. Negara Timur Tengah ini sebelumnya pernah menggelar Piala Asia pada tahun 1988 dan 2011.

Kapan tanggal penting?
Turnamen ini dimulai pada hari Jumat, 11 Januari pukul 7 malam (16:00 GMT) di Stadion Lusail, di mana tuan rumah Qatar akan menghadapi rival regionalnya Lebanon pada pertandingan pertama grup A.

Babak penyisihan grup akan berlangsung hingga Kamis, 25 Januari, dengan pertandingan terakhir Kyrgyzstan vs Oman dan Arab Saudi vs Thailand.

Babak 16 besar akan dimulai setelah jeda dua hari pada hari Minggu, 28 Januari dan berlangsung hingga 31 Januari. Perempat final akan dimainkan pada tanggal 1 dan 2 Februari, semifinal pada tanggal 6 dan 7 Februari dan, seperti Piala Dunia, Piala turnamen akan diakhiri dengan final di Lusail – pada hari Sabtu, 11 Februari pukul 6 sore (15:00 GMT).

Tim mana saja yang lolos ke Piala Asia?
Setelah melalui fase kualifikasi selama setahun, 23 tim lolos, sementara Tiongkok dilarang mengikuti proses tersebut berdasarkan hak tuan rumah aslinya. Empat dari 24 tim edisi terakhir gagal lolos ke turnamen 2023.

Tajikistan adalah paket kejutan di fase kualifikasi dan mendapat tempat di 24 besar sebagai satu-satunya debutan. Sementara itu, Hong Kong kembali bangkit setelah absen selama lebih dari lima dekade dan semakin yakin raksasa Asia Selatan India akan tampil untuk kedua kalinya berturut-turut.

Grup A: Qatar, Tiongkok, Tajikistan, Lebanon
Grup B: Australia, Uzbekistan, Suriah, India
Grup C: Iran, UEA, Palestina, Hong Kong
Grup D: Jepang, Indonesia, Irak, Vietnam
Grup E: Korea Selatan, Malaysia, Yordania, Bahrain
Grup F: Arab Saudi, Thailand, Kyrgyzstan, Oman

Bagaimana cara kerja penyisihan grup?
Dua tim teratas di setiap grup dan empat tim peringkat ketiga terbaik akan melaju ke babak 16 besar.

Tim terbawah dan dua tim peringkat ketiga terburuk di setiap grup akan tersingkir dari turnamen.

Apa saja tempatnya?
Setelah menjadi tuan rumah acara olahraga terbesar di dunia, Qatar akan memiliki kesempatan lain untuk memanfaatkan venue Piala Dunia FIFA miliknya. Dari sembilan tempat turnamen, tujuh menjadi tuan rumah Piala Dunia, termasuk Stadion Lusail, Stadion Ahmad Bin Ali, Stadion Al Bayt, Stadion Al Janoub, Stadion Kota Pendidikan, Stadion Internasional Khalifa, dan Stadion Al Thumama.

Stadion Abdullah Bin Khalifa yang berkapasitas 10.000 orang, yang menjadi tuan rumah tim sepak bola lokal Al Duhail FC, akan menjadi tuan rumah enam pertandingan grup dan satu pertandingan babak 16 besar.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: nongkrong.co

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini