Hasyim Asy’ari Libatkan Vincent Desta demi Merayu Cindra Adisti

Wednesday, 3 July 2024
Hasyim Asy’ari Libatkan Vincent Desta demi Merayu Cindra Adisti
Hasyim Asy’ari Libatkan Vincent Desta demi Merayu Cindra Adisti


PARADAPOS.COM -
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari terbukti meminta tiga artis Vincent, Desta (vindes) dan Boiyen membuat video ucapan untuk anggota panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Den Haag, Cindra Adisti Tejakinkin.


Hal itu terungkap dalam fakta persidangan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam sidang putusan atas kasus asusila Hasyim. Anggota majelis hakim J Kristiadi, mengungkapkan hal itu berdasarkan keterangan yang disampaikan anggota KPU Betty Epsilon Idroos yang hadir pada acara temuwicara tersebut.


Diungkap di persidangan, mulanya Net TV mengundang KPU untuk hadir dalam acara Tonight Show dalam rangka sosialisasi Pemilu 2024 dengan tema “Pemilih Muda Ayo ke TPS”. Acara itu dihadiri oleh Hasyim dan Betty pada 24 Oktober 2023 lalu.


“Setelah proses pengambilan gambar selesai, pada tanggal 24 Oktober 2023 sekitar pukul 18.00 WIB, teradu (Hasyim) meminta kepada pembawa acara Tonight Show yang terdiri dari Saudara Vincent, Saudara Desta, dan Saudari Boiyen untuk membuat swavideo yang ditujukan untuk menyapa PPLN di Belanda. Pihak terkait (Betty) turut diajak dalam swavideo tersebut yang direkam melalui ponsel pribadi teradu,” kata Kristiadi di ruang sidang DKPP, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024).


Kristiadi menjelaskan bahwa Betty mengaku tidak mengetahui bahwa video tersebut dikirim khusus oleh Hasyim kepada Cindra. “Pihak terkait juga tidak mengenal pengadu (CAT) yang namanya disebut dalam swavideo tersebut secara pribadi,” ujar Kristiadi.


Menambahkan, anggota majelis hakim  Ratna Dewi Pettalolo menyebut video tersebut berisi ucapan selamat dan sukses. Namun, Ratna menyebut Hasyim juga menyisipkan takarir dalam Bahasa Inggris disertai beberapa emoji dalam takarir video itu.


“Swavideo greeting tersebut kemudian dikirimkan teradu kepada pengadu melalui WhatsApp dengan memberikan caption, ‘Special for you, diajengku’ ditambah emoji tangan melipat, emoji mawar merah, emoji tangan memeluk, emoji melontar ciuman dengan hembusan hati, dan emoji tersenyum penuh,” kata Ratna.


Diketahui, DKPP menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap terhadap ketua KPU RI Hasyim Asy’ari atas dugaan tindakan asusila. Ketua DKPP Heddy Lugito menyatakan bahwa Hasyim telah melanggar Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) terhadap salah satu anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).


Baca Juga: Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU karena Tindakan Asusila, Hasyim Asy'ari: Alhamdulillah, Terima Kasih


“Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy’ari selaku ketua dan merangkap anggota KPU terhitung sejak putusan ini dibacakan,” kata Heddy dalam putusannya di ruang sidang DKPP, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024).


Sumber: realita

SEBELUMNYA

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini