JIFFINA Ibarat Lokomotif Pengerek Perkembangan Industri Furnitur dan Kerajinan

Sunday, 14 January 2024
JIFFINA Ibarat Lokomotif Pengerek Perkembangan Industri Furnitur dan Kerajinan
JIFFINA Ibarat Lokomotif Pengerek Perkembangan Industri Furnitur dan Kerajinan

BANTUL, paradapos.com - Untuk ketujuh kalinya, pameran bergengsi Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (JIFFINA) akan dihelat di tahun 2024 ini. Menurut rencana, JIFFINA 2024 akan digelar di Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul pada 2-5 Maret mendatang.

Sebagai awalan program, diadakan peluncuran JIFFINA 2024 di Loman Park Hotel, Jumat (12/1) lalu. Turut hadir Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih beserta jajaran.

Bupati menilai, agenda tahunan skala internasional ini ibarat lokomotif yang mampu mengerek perkembangan industri furnitur dan kerajinan di Indonesia. Ia pun merasa senang JIFFINA akan kembali hadir dan sudah tidak sabar lagi untuk menantikannya.

Baca Juga: Hentikan Budaya Korupsi, Sebanyak 17 Desa di Bantul Nyatakan Anti Politik Uang

Baca Juga: Bupati Bantul Bangga Pendekar Pagar Nusa

"Senang sekali rasanya JIFFINA tahun ini akan kembali diselenggarakan. Sehingga kita bisa melanjutkan kegiatan yang penting dan strategis dalam kemajuan industri kreatif, khususnya furniture dan craft. Apalagi, JIFFINA ini bisa dikatakan sebagai salah satu lokomotif dalam perkembangan mebel dan kerajinan di Indonesia," ujarnya di sela acara.

Dia menuturkan, Pemerintah Kabupaten Bantul mendukung penuh penyelenggaraan JIFFINA ini. Sinergi yang dibangun antara pemerintah dengan pelaku industri kreatif dalam ajang JIFFINA diyakini Halim dapat mendongkrak UMKM dan pergerakan roda perekonomian yang bersumber dari industri kreatif.

"Sinergi yang dibangun ini pun harus berjalan dua arah agar kerja sama yang terjalin tidak jalan di tempat," katanya.

Menurutnya, pemerintah itu bukan lembaga yang serba tahu atau serba bisa. Untuk mendorong industri kreatif ini misalnya, pemerintah butuh masukan, ide, gagasan, sebaiknya pemerintah itu harus bagaimana.

Baca Juga: Kopdar KBC, Ajang Himpun Almuni Praktisi Dukung Almamater

"Kami punya visi agar industri kreatif bisa terus berkembang, menggerakkan roda perekonomian, serapan tenaga kerjanya banyak, dan dapat menanggulangi kemiskinan. Selebihnya, kami butuh saran gagasan agar kebijakan kami itu tepat sasaran," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia JIFFINA 2024, Endro Wardoyo, mengungkapkan JIFFINA tahun ini rencananya akan diselenggarakan pada 2-5 Maret 2024 di Jogja Expo Center, Banguntapan, Bantul. Pameran ini mengusung tema "The Eco Lifestyle Inspiring Forever" dan sekaligus bagian dari sirkuit pameran furniture ASEAN.

"Jadi, nanti dimulai pada 28 Februari dengan pameran IFEX di Jakarta, lalu dilanjut dengan MIFF di Malaysia, JIFFINA di Yogyakarta, VIVAFAIR di Vietnam, dan ditutup dengan CIFF di Guangzhou. Momen ini betul-betul akan kami manfaatkan karena persiapannya juga jauh-jauh hari," terangnya.

Dia menyebutkan, pada JIFFINA kali ini, 5.000 buyer baik domestik maupun mancanegara diproyeksikan bakal datang. Selain itu, JIFFINA menargetkan 300 exhibitor akan memamerkan produk unggulan yang mempu bersaing dengan pasar global. 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: kedu.suaramerdeka.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini