Kopdar KBC, Ajang Himpun Almuni Praktisi Dukung Almamater

Sunday, 14 January 2024
Kopdar KBC, Ajang Himpun Almuni Praktisi Dukung Almamater
Kopdar KBC, Ajang Himpun Almuni Praktisi Dukung Almamater


YOGYAKARTA, paradapos.com - Kopi darat (Kopdar) Kamajaya Business Club (KBC), salah satu divisi dari Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KAMAJAYA) berlangsung guyub dan hangat di Balcony Plaza Ambarukmo, akhir pekan lalu. Juga muncul chemistry yang kuat untuk sinergi antaralumni, utamanya membantu kampus Atma Jaya terkait mata kuliah kewirausahaan.

Ketua Kamajaya, Viby Indrayana mengapresiasi Kopdar KBC ini. Juga memberi apresiasi kepada Ketua KBC, Fransisco Go yang gesit menggerakkan anggotanya dan menyumbangkan tiga program unggulan sebagai bagian dari seratus hari Program Kerja Kamajaya.

Baca Juga: Kamajaya Tanam Ratusan Bibit Pohon Buah di Kawasan Candi Borobudur

"KBC sangat tepat dikomandoi oleh Pak Frans, sosok multi talent dan tidak diragukan lagi nertworkingnya. Terlihat memiliki program yang berdampak baik untuk mengenalkan Kamajaya dengan menggabungkan kekuatan alumni yang tidak hanya hebat terlibat sebagai profesional dalam pemerintahan maupun swasta, banyak juga yang menjadi pengusaha yang diperhitungkan dalam pembangunan nasional bangsa," ujarnya di sela acara.

Dia menuturkan, forum ini diharap selalu diisi orang-orang yang siap membantu organisasi. Bukan mencari uang dari sini, justru memiliki chemisty yang sama untuk berkembang lebih baik.

"Termasuk mengharumkan nama almamater, berkontribusi tidak hanya untuk mahasiswa dan alumni UAJY, melainkan bagi negeri ini baik di tingkat nasional dan bahkan internasional," ujarn bapak yang juga Direktur Pengelolaan Gedung, Kawasan dan Perkotaan Otorita Ibu Kota Nusantara itu.

Baca Juga: Menang E-Sport, UAJY Raih Juara Pertama

Ketua KBC, Fransisco Go mengutarakan, ada tujuh program yang saat ini ditangani oleh tujuh divisi di KBC. Tiga di antaranya inline dengan program kerja Kamajaya, yaitu forum bisnis, inkubasi bisnis, dan seminar.

Menurutnya, pada dasarnya program ini fokus menghimpun praktisi untuk turun gunung membantu kampus dalam menyebarkan semangat kewirausahaan yang saat ini menjadi mata kuliah wajib di semua fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

"KBC merupakan sebuah platform, di mana alumni UAJY dapat terhubung satu sama lain, berbagi pengalaman, memanfaatkan pengetahuan, dan sebagai sumber daya kolektif mereka untuk saling menguntungkan di dalam kegiatan bisnis atau usaha mereka sehari-hari," tuturnya.

Dia mengungkapkan, Kopdar KBC akan rutin dilakukan setiap bulan untuk merajut tali silaturahmi segenap pelaku usaha, profesional yang bergabung dalam KBC, dan khususnya mau membimbing adik adik mahasiswa agar sukses kedepannya.

Baca Juga: Guru Ngaji Nahdliyin se-DIY Deklarasi Menangkan Prabowo-Gibran

"Yang saat ini sedang trend hingga ke depannya adalah industri atau bisnis yang berkaitan dengan Food, Energy, dan Health. Sehingga, banyak program Kerja KBC diharapkan bersentuhan dengan tiga trend tadi," jelas Fransisco.

Sekretaris KBC, Dedy Tri Kuncoro menambahkan, pihaknya memberi kesempatan pada masing-masing divisi untuk mengenalkan program kegiatannya dan upaya yang dijalankan.

Disebutkannya, ad tujuh program unggulan KBC. Pertama, Forum Bisnis dengan koordinator Diah Widiastuti, lalu Seminar dan Kemitraan Bisnis atau Unit Usaha Bersama digawangi Hendricus Yulianto Perdana. Berikutnya Business Model atau Inovasi Business Driven dikoordinir Stevan Antonius Mandagi dan Mentoring Program atau Incubasi Business dikoordinir Pramudianto.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: kedu.suaramerdeka.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini