Korsel Singkirkan Australia dan Melaju ke Semifinal Piala Asia 2023, Son Heung-Min jadi Pahlawan Kemenangan

Saturday, 3 February 2024
Korsel Singkirkan Australia dan Melaju ke Semifinal Piala Asia 2023, Son Heung-Min jadi Pahlawan Kemenangan
Korsel Singkirkan Australia dan Melaju ke Semifinal Piala Asia 2023, Son Heung-Min jadi Pahlawan Kemenangan

paradapos.com - Korea Selatan (Korsel) sukses menyingkirkan juara Piala Asia 2015, Australia di babak perempat final Piala Asia 2023.

Son Heung-min menjadi pahlawan kemenangan pada pertandingan yang berlangsung pada 2 Februari 2024 di Al Janoub Stadium.

Tendangan bebas Son yang menakjubkan di babak perpanjangan waktu membuat Korsel unggul atas Australia 2-1 dan berhak melaju ke semifinal menghadapi Yordania.

Baca Juga: Proyek Jembatan Lombok-Sumbawa Masuki Babak Baru, Pembangunannya Dimulai Sebentar Lagi?

Sejak awal pertandingan, tim asuhan Juergen Klinsmann berhasil mendikte permainan hingga menit ke-15. Namun Socceroos justru memiliki lebih banyak peluang mengancam gawang Taeguk Warriors.

Tendangan Craig Goodwin di menit-18 berhasil ditepis Cho Hyun-Woo dan bola muntahan gagal dimanfaatkan dengan sempurna oleh Conor Metcalfe.

Dua menit kemudian giliran Korsel menyerang pertahanan Australia. Umpan terobosan Kim Young-gwon berhasil disambut Hwang Hee-chan dan merangsek ke sisi kanan pertahanan Australia. Sayang tendangannya masih bisa ditepis Mathew Ryan.

Baca Juga: Tak Terkalahkan, Persikopa Kota Pariaman Melaju ke Babak Final Piala Soeratin U-17 Putaran Nasional

Socceroos akhirnya berhasil unggul lewat tendangan keras Craig Goodwin di menit ke-42 memanfaatkan umpan silang Nathaniel Atkinson.

Australia seharusnya mampu menggandakan keunggulan di menit ke-53 lewat tandukan dan tendangan Martin Boyle. Sayangnya, Cho Hyun-Woo lebih sigap menghadang. Tendangan Mitchell Duke memanfaatkan bola muntahan juga masih melambung di atas mistar.

Peluang gagal dari Socceroos tersebut membangkitkan semangat tim Taeguk Warriors. Namun pertahanan skuad asuhan Graham Arnold yang dikawal Harry Souttar dan Kye Rowles cukup tangguh menghalau serangan tim Klinsmann yang berulang-ulang.

Pasukan Arnold kembali mendapat peluang emas lewat serangan balik cepat di menit ke-83. Jordan Bos berhasil menerobos sisi kanan Korsel dan melepaskan umpan silang. Peluang itu gagal dimanfaatkan Mitchell Duke karena tandukannya masih melebar.

Beberapa peluang emas itu patut disesali Socceroos karena di masa injury time menit ke-94 Son Heung-min dijatuhkan di kotak penalti dan wasit langsung menunjuk titik putih.

Hwang Hee-chan sukses mengeksekusi penalti dan membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianhaluan.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini