Yordania Akhirnya Hindari Jepang di babak 16 Besar, dan Malaysia Bikin Kejutan Sebelum Pulang

Friday, 26 January 2024
Yordania Akhirnya Hindari Jepang di babak 16 Besar, dan Malaysia Bikin Kejutan Sebelum Pulang
Yordania Akhirnya Hindari Jepang di babak 16 Besar, dan Malaysia Bikin Kejutan Sebelum Pulang

paradapos.com - Laga antara Bahrain dengan Yordania ditunggu-tunggu oleh Indonesia karena bisa menentukan nasib tim Garuda ke babak 16 besar. Jika Yordania menang 2-0, Indonesia lolos sebagai salah satu tim ranking ketiga terbaik.

Tapi sejak awal, Yordania tidak tertarik berada di posisi pertama grup E karena akan berhadapan dengan Jepang, runner up Grup D. Apa yang diharapkan Yordania adalah jadi runner up dan itu menjadi kenyataan setelah dikalahkan Bahrain 0-1.

Bahrain sukses memuncaki Grup E Piala Asia 2023 setelah menekuk Timnas Yordania dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup di Stadion Khalifa International, Doha, Kamis 25 Januari 2025.

Pada pertandingan ini kemenangan Bahrain hadir berkat gol semata wayang Abdulla Yusuf Helal di babak pertama, demikian catatan AFC.

Baca Juga: Anies dan Ganjar Kemungkinan Akan Bersatu

Berkat hasil ini Bahrain naik ke peringkat pertama klasemen akhir Grup E dengan enam poin hasil tiga pertandingan, sementara Yordania berada di posisi ketiga mengumpulkan empat poin.

Bahrain selanjutnya pada babak 16 besar Piala Asia 2023 akan menghadapi Jepang, sedangkan Yordania akan menghadapi Qatar atau Irak.

Secara statistik pada pertandingan ini Yordania mendominasi penguasaan bola dengan mencatatkan 59 persen, sedangkan Bahrain lebih sering melepaskan tendangan dengan sembilan kali percobaan.

Yordania pada pertandingan ini memiliki peluang terlebih dahulu lewat tendangan Anas Bani Yaseen yang masih belum menemui sasaran.

Baca Juga: Seberapa Besar Kemungkinan Megawati Akrab Kembali dengan Jokowi

Selanjutnya giliran Bahrain yang mendapatkan peluang melalui tendangan Mohamed Mahroon, namun dapat diselamatkan kiper Yordania Yazeed Abu Laila.

Bahrain sukses mencetak gol terlebih dahulu pada menit 34 berkat gol yang dicetak oleh Abdulla Yusuf Helal sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Mlada Boleslav kembali memiliki lewat upaya Mahroon, akan tetapi tendangan pemain bernomor punggung delapan masih melambung di atas mistar gawang Yordania.

Pada babak kedua, Bahrain mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dalam upaya menambah keunggulan lewat tendangan Ali Madan yang melambung di atas mistar gawang.

Selanjutnya Mahroon kembali mendapatkan peluang setelah tendangannya masih dapat dijauhkan oleh tangan Abu Laila.

Yordania sempat memiliki peluang melalui sundulan Ali Iyad Olwan, namun bola masih dapat diamankan kiper Bahrain Ebrahim Lutfalla.

Baca Juga: Liverpool vs Chelsea di Carabao Cup, Middlesbrough Gagal Jadi Kejutan

Pada akhir-akhir pertandingan Bahrain memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan melalui upaya Abdulla Yusuf Helal yang dapat digagalkan Abu Laila. Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Korsel Dikejutkan Malaysia

Malaysia secara dramatis berhasil menahan imbang Timnas Korea Selatan di matchday 3 Grup E Piala Asia 2023, Kamis (25/01/2024).

Korea Selatan berhadapan dengan Malaysia di Al Janoub Stadium. Laga ini sudah tak berarti bagi Harimau Malaya karena mereka sudah dipastikan tersingkir dari Piala Asia 2023.

Hasial ini membuat Korea Selatan mengemas lima angka dari tiga laga dan mereka menempati peringkat kedua klasemen akhir Piala Asia 2023. Sementara Malaysia ada di posisi buncit dengan koleksi satu angka saja.

Korea Selatan mencoba mendominasi jalannya laga. Mereka banyak menguasai bola. Namun tak lama kemudian Malaysia mencoba melawan balik dan menekan Son Heung-min dkk.

Namun Malaysia akhrinya dibuat lebih banyak bertahan di areanya sendiri. Akhirnya pada menit ke-21 Korea Selatan bisa mencetak gol melalui tandukan Jeong Woo-yeong, memanfaatkan umpan dari sepak pojok. 1-0!

Setelah itu tak ada gol tercipta sampai babak pertama berakhir. Di babak kedua, Korea Selatan kembali mendominasi bola. Tapi malah Malaysia yang bisa mencetak gol pada menit ke-51. Faisal Halim mencetak gol cerdik usai mendapat bola rebound hasil tembakan Arif Aiman. 1-1.

Pada menit ke-60 Malaysia mendapat hadiah penalti. Peluang ini dimanfaatkan dengan maksimal oleh Arif Aiman sehingga kedudukan menjadi 1-2.

Korea Selatan langsung melakukan pergantian taktik dan menekan Malaysia lebih agresif. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-82. Lee Kang-in sukses menjebol gawang Malaysia dari tembakan bebasnya yang apik. Bola sempat disentuh kiper dan mengenai mistar gawang tapi tetap masuk. 2-2!

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: setiafakta.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini