Pasar Sudah Sentuh Rp25 T, Gibran Tentang Potensi Game Lokal: Hilirisasi Digital Harus Dilakukan!

Thursday, 18 January 2024
Pasar Sudah Sentuh Rp25 T, Gibran Tentang Potensi Game Lokal: Hilirisasi Digital Harus Dilakukan!
Pasar Sudah Sentuh Rp25 T, Gibran Tentang Potensi Game Lokal: Hilirisasi Digital Harus Dilakukan!

paradapos.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 02, Gibran Rakabuming Raka, menyebut pasar game di Indonesia kini sudah menyentuh Rp25 triliun pada 2022.

Meski begitu, Gibran menyebut jika pasar game di Indonesia masih didominasi game asing. Karena itu, ia mendorong para developer game lokal untuk berkembang.

Gibran juga menyatakan jika hilirisasi digital untuk meningkatkan potensi para talent digital, khususnya di dunia game, Indonesia penting dilakukan.

Baca Juga: Pemko dan BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi Salurkan Santunan dan Beasiswa untuk Program JKK

“Secara total, 17 subsektor industri kreatif di Indonesia menyumbang Rp1.300 T dan serap 22 juta tenaga kerja, termasuk industri gim (game) tanah air,” tulis Gibran di akun X (Twitter) miliknya @gibran_rakabuming, dilansir Kamis, 18 Januari 2024.

“Dikutip dari Kemenparekraf, pasar gim kita nilainya Rp 25 T di tahun 2022, bukan main-main. Dengan angka ini bisa traktir nonton 80an juta orang di bioskop. tapi bukan weekend yaaa,” lanjut penJelasan putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut.  

Gibran menerangkan, menurut data Kementerian Informasi dan Komunikasi RI, saat ini sudah ada 98 developer game lokal yang jumlahnya terus meningkat.

Baca Juga: Mengurai Rencana Jembatan Sungai Pakning-Pulau Bengkalis, Investasi Rp7 Triliun untuk Transformasi Transportasi

Selain itu, pada tahun 2025 mendatang, jumlah gamers atau pemain game di Indonesia bisa mencapai 192 juta orang.

Menanggapi data tersebut, Gibran juga mendorong pemerintah untuk menyediakan wadah pendidikan formal di tingkat sekolah menengah hingga perguruan tinggi untuk para gamers.

“Saya percaya dengan konektivitas antara penciptaan talenta/SDM industri gim dari tingkat pendidikan vokasi, menengah, bahkan tinggi harus tepat mengisi kebutuhan industri,” jelas Gibran.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Siap Hadapi Isu Wadas di Debat Cawapres: Persoalan Selesai Meski Bukan Program Jateng

“Jadi mari kita beri kesempatan anak anak kreatif indonesia agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Hilirisasi digital akan kita dorong agar banyak talent digital mampu menghasilkan karya yang layak dan mencukupi kebutuhan Industri,” lanjutnya.

Gibran sendiri merupakan pecinta game. Usai mencoba beberapa game lokal tanah air, Gibran mengaku takjub.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianhaluan.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini