PDIP soal Jokowi Belum Terbitkan Keppres IKN: Makanya Jangan Terlalu Pede

Wednesday, 10 July 2024
PDIP soal Jokowi Belum Terbitkan Keppres IKN: Makanya Jangan Terlalu Pede
PDIP soal Jokowi Belum Terbitkan Keppres IKN: Makanya Jangan Terlalu Pede



PARADAPOS.COM  - Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat merespons soal Keputusan Presiden (Keppres) tentang Ibu Kota Negara (IKN) yang belum diteken Presiden Jokowi. Dia mengatakan pemindahan ibu kota memang tidak mudah dilakukan. 


Menurutnya, pemerintah jangan terlalu memaksakan untuk buru-buru pindah ke IKN. Begitu juga terkait rencana Jokowi yang ingin upacara 17 Agustus di IKN tahun ini. 


“Menurut saya pribadi melihat memang tidak mudah untuk memindahkan ibu kota dan jangan terlampau dipaksakan, sangat tidak mudah, termasuk progresnya, termasuk juga untuk upacara 17 Agustus ya," kata Djarot di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2024). 


Djarot menilai pemerintah terlalu memaksakan diri ingin pindah ibu kota negara. 


Pasalnya, infrastruktur di IKN masih belum siap untuk digunakan. Terlebih, kebutuhan seperti air dan listrik sampai saat ini juga belum masuk ke IKN. 


"Inilah salah satu konsekuensi dari kebijakan yang tergesa-gesa, tergesa-gesa. 


Terutama di dalam implementasinya, di dalam eksekusinya," katanya. Djarot lantas menyinggung pemerintahan Jokowi yang sempat mengatakan IKN sudah siap untuk ditempati.  


"Jadi, ya saran saya sih benar jangan dipaksakan, makanya di awal jangan terlalu pede gitu loh, kan sebelumnya kan menyampaikan sudah sangat siap gitu ya, ternyata belum juga," tandasnya. Sebagai informasi, Keppres tentang IKN belum juga diterbitkan oleh Jokowi. 


Di sisi lain, Jokowi mengaku belum bisa memberikan kepastikan kapan Keppres itu terbit. "Belum, bisa saya nanti yang menandatangani," kata Jokowi di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). 


Dia menyebut Keppres IKN bisa saja diteken oleh Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto, "Bisa nanti juga presiden terpilih, pemerintahan baru yang menandatangani," ujar Jokowi



Sumber: tvOne

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini