Mangaka One Piece, Eiichiro Oda Menggunakan AI Fans Terkejut!

Sunday, 24 December 2023
Mangaka One Piece, Eiichiro Oda Menggunakan AI Fans Terkejut!
Mangaka One Piece, Eiichiro Oda Menggunakan AI Fans Terkejut!

Diorama.id - Akun resmi X (dulu Twitter) dari seri manga One Piece karya Eiichiro Oda merilis video menarik pada Kamis, 21 Desember 2023.

Video sekitar 75 detik tersebut mengadaptasi lagu asli berjudul "YO-HO-HO We Pirates," yang dikirimkan Oda ke tim yang mengelola akun tersebut.

Meskipun tampak biasa, akun One Piece X dan Oda sekarang mendapat kritik dari penggemar karena detail penting mengenai produksi lagu tersebut.

Menurut pengakuan video itu sendiri, lagu itu diproduksi menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Meskipun tidak jelas aspek video yang dibuat dengan AI, gambar dan vokal seakan dibuat dengan kecerdasan buatan.

Baca Juga: Mangaka Your Lie in April memulai manga romcom baru!

Bagi yang tidak memahami mengapa Eiichiro Oda mendapat kritik atas masalah ini, penggunaan AI dalam seni ilustrasi dan musik telah menjadi topik kontroversial belakangan ini.

Meskipun ini kemungkinan juga alasan mengapa Oda dan timnya memutuskan untuk membuat lagu dan video AI, rencana mereka tampaknya berbalik menyerang mereka, mengingat kritik dari fans sejak video itu dirilis.

Reaksi terhadap penggunaan AI oleh mangaka One Piece Eiichiro Oda agak bervariasi tetapi pada umumnya negatif.

 

Ini tidak mengejutkan mengingat video itu dirilis tepat ketika kilas balik Kuma berakhir. Seperti yang diketahui penggemar, Bartholomew Kuma adalah manusia yang memiliki kemauan bebas dan kesadaran digantikan oleh pemrograman terkomputerisasi untuk menjadikannya prajurit super.

Dengan ini diingat, banyak penggemar sangat kritis terhadap pilihan Oda untuk menggunakan kecerdasan buatan untuk video ini, menyebutnya agak kurang peka dan tidak tahu akan kata-katanya sendiri dan pesannya.

Baca Juga: Pamerkan Trailer Baru, Bucchigiri Siap Rilis Pada Januari 2024!

Beberapa berpendapat bahwa dichotomous bagi Oda untuk menulis cerita tentang bahaya dan implikasi menggantikan orang dengan komputer sementara melakukan hal yang sama dalam kehidupan nyata.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: diorama.suaramerdeka.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini