Bagaimana drone-drone Hizbullah menaklukkan iron dome Israel?

Tuesday, 23 July 2024
Bagaimana drone-drone Hizbullah menaklukkan iron dome Israel?
Bagaimana drone-drone Hizbullah menaklukkan iron dome Israel?


PARADAPOS.COM - 
Hizbullah telah menunjukkan kemampuan untuk mempelajari dan memanfaatkan apa yang disebut "titik-titik buta" dalam pertahanan Israel dengan memetakan wilayah Palestina utara yang diduduki dengan drone pengintai, kata Sarit Zehavi, pendiri dan presiden Alma Research and Education Center, sebuah lembaga think tank Israel, seperti yang dilaporkan oleh WSJ.


Bagaimana Hizbullah memanfaatkan titik-titik buta Iron Dome?


Kemampuan ini paling baik dicontohkan dalam video misi Hoopoe yang disediakan oleh Perlawanan Islam.


The Wall Street Journal menyatakan bahwa drone menjadi masalah bagi pendudukan, karena ukurannya yang kecil dan sulit dideteksi, serta tidak mengikuti jalur yang dapat diprediksi atau melepaskan panas yang kuat dari mesin roket yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan dan melenyapkan rudal.


Selain itu, drone ini murah dan berlimpah serta digunakan oleh musuh-musuh Israel dalam jumlah dan kecanggihan yang semakin meningkat, seperti yang dilaporkan oleh WSJ.


Seberapa besar kemampuan Hizbullah menyerang Israel?


Sejak 7 Oktober, Hizbullah telah menunjukkan bahwa mereka mampu menggunakan pesawat tak berawak untuk menyerang "Israel" hampir setiap hari.


Baru bulan ini, Hizbullah meresmikan penggunaan pesawat tanpa awak Shahed-101 Iran dalam konfrontasi di Lebanon selatan, sebuah pesawat yang sangat mudah bermanuver dan sulit untuk dideteksi, mengirimkan gelombang kejut dalam pendudukan Israel.


"Hizbullah telah mulai menggunakan drone Shahed 101 Iran yang baru untuk pertama kalinya sejak awal perang," Itay Blumenthal, koresponden urusan militer untuk lembaga penyiaran publik Kan Israel, mengungkapkan. Drone ini "sangat sulit dideteksi dan dicegat oleh Angkatan Udara Israel."


Kelompok Perlawanan Islam sering mengirimkan beberapa drone sekaligus, setidaknya satu untuk pengintaian dan satu lagi yang sarat dengan bahan peledak. Peralatan militer yang sensitif juga telah diserang, termasuk sistem anti-drone Drone Dome yang bernilai jutaan dolar pada Juni dan balon pengintai radar Sky Dew pada bulan Mei.


Dalam apa yang WSJ anggap sebagai upaya untuk memprovokasi militer Israel, Hizbullah telah menerbangkan pesawat tak berawak pengintai di atas wilayah utara "Israel" dalam beberapa bulan terakhir, mengumpulkan foto-foto udara dan informasi intelijen tentang lokasi-lokasi penting yang strategis dan merilisnya sebagai pengingat akan kerentanan "Israel".


Dalam satu hari, Hizbullah menembakkan 65 roket ke wilayah Palestina yang diduduki, dan pada hari yang sama, sebuah pesawat tak berawak yang diyakini terbang lebih dari 1.000 mil dari Yaman, meledak di ibu kota komersial Tel Aviv.


Apakah Iron Dome Israel sudah tak bisa diandalkan?


Iron Dome telah gagal dalam menghadapi tantangan tersebut. Sebagai alternatif, pesawat jet tempur telah diacak, sebuah tindakan yang mahal dan berpotensi berbahaya yang membuat pilot terpapar senjata anti-pesawat Hizbullah dan memaksa mereka untuk terbang rendah di atas daerah pegunungan.


Ariel Frisch, wakil petugas keamanan Kiryat Shmona, sebuah pemukiman Israel yang dihantam dengan setidaknya enam pesawat tak berawak peledak sejak 7 Oktober, mengatakan, "UAV telah berubah menjadi ancaman utama dalam hal kemampuan kami untuk menghadapinya, karena tentara saat ini tidak memiliki sarana pencegahan kecuali menggunakan F-16," dan menambahkan, "Kami sangat, sangat mengkhawatirkannya."


Kerentanan "Israel" terhadap kendaraan udara tak berawak menunjukkan kesulitan yang akan dihadapi dalam perang skala penuh dengan Hizbullah dan ketidakmampuan untuk merasa yakin akan kemampuannya menetralisir ancaman.


Hizbullah Kerahkan Drone Canggih


Sebuah laporan dari Pusat Penelitian ALMA Israel pada tahun 2021 mengindikasikan bahwa Hizbullah memiliki sekitar 2.000 drone, beberapa di antaranya merupakan drone canggih dan diproduksi secara lokal. Laporan itu menambahkan bahwa Hizbullah telah mengerahkan drone, seperti Shahed-129, Mohajer, dan Karrar, sejak sebelum Perang Juli 2006.


Perlawanan Islam di Lebanon memiliki sistem kemampuan militer yang komprehensif, terutama dalam hal persenjataan udara yang diwakili oleh pesawat tak berawak. Persenjataan Hizbullah meliputi drone pengintai, penyerangan, dan penyerangan.


Pilot yang ingin menembak jatuh drone dengan pesawat jet harus menemukan perangkat yang sulit dideteksi dan membedakannya dengan drone yang bersahabat, pesawat tempur lain, dan pesawat pribadi. Menurut seorang pilot Angkatan Udara Israel, drone memiliki tanda panas yang rendah, sehingga pesawat harus mendekatinya dari belakang agar rudal pencari panas dapat menyerang.


Seorang pejabat Angkatan Udara yang terlibat dalam identifikasi ancaman udara membandingkan drone dan pesawat jet, pesawat sipil, dan burung dengan "Kubus Rubik di langit."


Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah mengungkapkan sekitar dua tahun yang lalu bahwa kelompok Perlawanan "telah membuat pesawat tak berawak selama bertahun-tahun," dan menegaskan bahwa "Perlawanan memutuskan untuk mengoperasionalkan sistem pertahanan udara yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu."


Drone Lebanon dan Iran telah menjadi perhatian utama bagi pendudukan Israel, muncul sebagai senjata yang efektif dalam operasi Perlawanan Islam terhadap berbagai target Israel, termasuk situs, markas besar, stasiun pengintai, dan pasukan di kedalaman Palestina utara yang diduduki.


AL MAYADEEN

SEBELUMNYA

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler