10 Manfaat Kayu Secang dan Cara Mengkonsumsinya

Sunday, 17 December 2023
10 Manfaat Kayu Secang dan Cara Mengkonsumsinya
10 Manfaat Kayu Secang dan Cara Mengkonsumsinya

 

-Secang (Caesalpinia sappan atau Biancaea sappan) adalah kayu yang sering ditemui di pulau Jawa sebagai bahan membuat minuman, atau disebut wedang secang. Minuman keraton ini dipercaya mampu menjaga stamina tubuh.
Wedang secang banyak dijual dalam kemasan untuk dibuat minuman atau campuran minuman bersama rempah-rempah lainnya untuk menjaga kesehatan. Kayu secang yang dicampur rempah-rempah ini dinamai wedang uwuh khas Yogyakarta.

Minuman ini berwarna merah dan biasa disajikan saat masih panas. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai manfaat kayu secang.

Kandungan Kayu Secang
Kayu secang memiliki batang berduri dan daun berukuran kecil. Tumbuhan ini bisa tumbuh subur di beberapa negara Asia seperti Indonesia, India, dan Malaysia. Tumbuhan secang berbentuk pohon atau perdu dengan tinggi mencapai 6 meter.

Kayunya berbentuk silinder berwarna hijau kecoklatan. Daunnya majemuk menyirip ganda dengan panjang 25-40 cm. Anak daun terdapat 10-20 pasang, berbentuk lonjong dengan panjang 10-25 mm dan lebar 3-11 mm berwarna hijau.

Biasanya, yang sering digunakan untuk membuat minuman herbal adalah bagian dalam kayu yang telah dipotong tipis. Dalam buku Kandungan Zat Gizi Makanan Khas Yogyakarta oleh Lily Arsanti Lestari, dijelaskan kayu secang memiliki banyak kandungan yaitu:

- Senyawa Aktif Brazilin
- Alkaloid
- Flavonoid
- Saponin
- Tanin
- Fenil Propana
- Terpenoid
- Asam Galat
- Delta Phellandrene
- Oscimene
- Resin
- Resorsin

Sementara daunnya mengandung minyak atsiri tidak kurang dari 0,20% yang beraroma enak dan tidak berwarna.

Manfaat Kayu Secang
Berikut manfaat mengkonsumsi kayu secang disitat dari buku Metode dan Cara Budidaya Kayu Secang oleh Ayi:

1. Dipercaya Mengobati Kanker dan Tumor
Manfaat kayu secang yang pertama yaitu dapat mengobati penyakit kanker dan tumor. Kayu secang memiliki kandungan n-butanol, metanol, dan kloroform yang memiliki sifat sebagai antikanker.

Kayu secang mengandung senyawa yang secara positif sitotoksik terhadap sel kanker dan antitumor pada percobaan secara in vitro. Ekstrak air dari kayu secang dengan tambahan 50% etanol dipercaya dapat menghambat perkembangan sel tumor di dalam tubuh saat proses penyembuhan.

2. Meningkatkan Imunitas
Seperti kepercayaan banyak orang, minuman secang merupakan salah satu tanaman yang cocok untuk menjaga agar imunitas tubuh tetap stabil.

3. Mengobati Penyakit Asam Urat
Kayu secang memiliki kandungan Sappanchalcone dan Caesalpin P yang dapat mengobati penyakit asam urat atau peradangan di sendi.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah
Kayu secang juga dapat mengatasi penyakit diabetes. Senyawa brazilin yang terkandung ternyata juga dapat menurunkan kadar gula darah.

5. Anti Bakteri
Banyak virus membuat kita waspada, imun yang kurang baik akan membuat kita tertular. Mengkonsumsi minuman herbal dari kayu secang dapat membantu terhindar dari bakteri jahat sehingga antibodi bisa lebih kuat melawan virus.

Artikel asli: mitranews.net

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini