Dinas Pariwisata Sleman percepat pengembangan potensi ekonomi kreatif, ini alasannya

Wednesday, 17 January 2024
Dinas Pariwisata Sleman percepat pengembangan potensi ekonomi kreatif, ini alasannya
Dinas Pariwisata Sleman percepat pengembangan potensi ekonomi kreatif, ini alasannya

HARIAN MERAPI - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman berkomitmen untuk mempercepat pengembangan ekonomi kreatif di wilayah Kabupaten Sleman.

Alasan percepatan yang dilakukan Dinas Pariwisata Sleman karena secara riil potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman dinilai memiliki dinamika yang cukup bagus.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid menyampaikan, potensi ekonomi kreatif yang dikembangkan khususnya di tiga subsektor unggulan. Yaitu subsektor seni pertunjukan, subsektor kriya bambu serta subsektor film, animasi dan video.

Baca Juga: Terduga Pelaku Penusukan Perangkat Desa Giling Pati Hingga Tewas Berhasil Ditangkap Polisi

“Kami saat ini memang baru fokus ke tiga subsektor. Harapannya ke depan pengembangan ekonomi kreatif dapat menyasar ke sub-subsektor ekonomi kreatif yang lain,” kata Ishadi di kantornya, Rabu (17/1/2024).

Dijelaskan Ishadi, pada bulan Desember 2023 silam Kabupaten Sleman telah memperoleh predikat sebagai Kabupaten Kreatif Subsektor Film, Animasi dan Video dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diterima secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Atas predikat tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman senantiasa mengajak stakeholder terkait seperti akademisi, pelaku usaha, dunia kampus atau perguruan tinggi, pemerintah dan media untuk terus memperkuat kerja sama, sinergitas hingga kolaborasi antar pihak secara simultan dan berkelanjutan.

Melalui cara ini, pengembangan ekonomi kreatif di berbagai subsektor dapat dilakukan secara terpadu dengan dukungan penuh dari semua stakeholder terkait.

Baca Juga: Hilang Kendali, Mobil Tabrak Mobil Parkir Hingga Terbalik di Wirobrajan Yogya, Ini Kronologinya

Kualitas dari hasil masing-masing subsektor ekonomi kreatif berkembang lebih cepat.

Dalam rangka meningkatkan kerja sama, sinergitas dan kolaborasi antar pihak, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman pada awal tahun 2024 ini telah menyelenggarakan Workshop Tindak Lanjut Pengembangan Sleman Creative Park pada 16 Januari 2024 di Ayem-ayem Coffee, Pangukan, Tridadi Sleman.

Sebagai pemateri dalam acara tersebut adalah Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sleman Dedi Kusuma dengan materi “Peran Legislatif dalam Pembangunan dan Infrastruktur Ekonomi Kreatif Sleman Creative Park”.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Seorang Tersangka Duel Dua Remaja di Sleman yang Akibatkan Korban Alami Luka Bacok di Pinggang dan Ususnya Terburai, Berawal dari Ini

Sedangkan pemateri lain, Satya Bramantya dari Pusat Design Industri Nasional (PDIN) dengan materi “Persiapan Mengakses Bantuan Pemerintah/Hibah Infrastruktur oleh Pemerintah Daerah”.

Sedangkan peserta workshop diikuti oleh 30 orang dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Kabupaten Sleman dan perwakilan pelaku ekonomi kreatif dari berbagai sub sektor.*

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianmerapi.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini