Peresmian Ruas Tol Pamulang Cinere Raya Bogor: Kontribusi Signifikan bagi Konektivitas Jabodetabek

Thursday, 11 January 2024
Peresmian Ruas Tol Pamulang Cinere Raya Bogor: Kontribusi Signifikan bagi Konektivitas Jabodetabek
Peresmian Ruas Tol Pamulang Cinere Raya Bogor: Kontribusi Signifikan bagi Konektivitas Jabodetabek

paradapos.com - Pada tanggal 8 Januari, dilakukan peresmian ruas jalan tol baru, yaitu ruas jalan tol Pamulang Cinere Raya Bogor, dengan upacara peresmiannya di geitol Limo utama Depok, Jawa Barat.

Peresmian ini diawali dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari yang menandai resmi dibukanya jalan tol Pamulang Cinere Raya Bogor di Kota Depok, Provinsi Jawa.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan jalan tol Pamulang Cinere Raya Bogor di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat." ucap Presiden Jokowi pada acara peresmian.

Baca Juga: Skandal Korupsi Labuhanbatu: Anggota DPRD dan Kepala Dinas Diciduk dalam Operasi Tangkap Tangan KPK

Seperti dikutip paradapos.com dari YouTube Top Konstruksi, ruas jalan tol Pamulang Cinere Raya Bogor membentang sepanjang 14,8 kilometer.

Sebelumnya, ruas tol ini sudah beroperasi pada periode libur Nataru 2023-2024.

Ruas tol ini dioperasikan oleh dua badan usaha, yaitu PT Cinere Serpong Jaya (anak perusahaan dari PT Jasa Marga Persero Tbk) dan PT Translingkar Kita.

Baca Juga: Keanekaragaman Kuliner Nusantara: Mengenal Sejarah Perjuangan Wanita Minang dari Sepiring Nasi Kapau

Presiden Jokowi menyatakan bahwa total investasi untuk pembangunan ruas tol ini mencapai Rp 4 triliun, yang menjadi bagian penting dalam memperkuat jaringan struktur tol Jabodetabek.

Ruas tol ini menghubungkan beberapa ruas tol signifikan seperti Lingkar Dalam Jakarta, Tering Rota 1, dan Jakarta Tering Rad.

Jalan tol ini menjadi penghubung antara ruas Serpong Cinere dan Cinere Jagorawi.

Tol Serpong Cinere menghubungkan Tangerang Selatan dengan Kota Depok dengan total panjang 10,14 kilometer, terdiri dari dua seksi, yaitu seksi satu, Serpong - Pamulang (6,5 KM, beroperasi sejak April 2021), dan seksi dua, Pamulang - Cinere (3,6 KM).

Baca Juga: Viral Video Rekaman Kecelakan Anak-Anak Pengguna Sepeda Listrik, Warganet: Stop Beliin Anak Sepeda Listrik!

Sedangkan, tol Cinere - Jagorawi memiliki panjang total 14,64 kilometer dengan tiga seksi, yaitu seksi 1 Cinere - Raya Bogor (3,7 KM, beroperasi sejak Februari 2012), seksi 2 Raya Bogor - Kukusan (5,5 KM, beroperasi sejak Januari 2020.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianhaluan.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini