OJK Gelar Edukasi Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Tegal

Tuesday, 30 January 2024
OJK Gelar Edukasi Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Tegal
OJK Gelar Edukasi Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Tegal

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kegiatan edukasi keuangan bagi pelaku UMKM di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Senin (29/1/2024).

Edukasi keuangan ini sebagai upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta untuk membantu perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal Imam Rudy Kurnianto.

Baca Juga: UMKM Kabupaten Tegal Didorong Permodalan Melalui Kurda

Friderica menyampaikan, OJK bersama Pemda dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) telah menyusun sejumlah program untuk membantu pembiayaan UMKM.

“Kami bersama Pemerintah Daerah dengan TPAKD, sudah punya yang namanya K/PMR, Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir. Ini kesempatan yang bagus untuk mendapatkan pembiayaan. Harus terus digunakan dan semoga nanti di Tegal UMKM-nya dapat dikembangkan dengan baik secara nasional maupun ekspor internasional,” kata Friderica.

Friderica juga mengimbau pelaku UMKM agar senantiasa waspada terhadap berbagai penawaran investasi ilegal yang seringkali menawarkan imbal hasil yang tinggi dan pinjaman online ilegal yang memberi kemudahan pencairan dana. Selain itu, Friderica
mendorong masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk dapat mengelola keuangan dengan bijak.

“Jadi, jangan sampai bapak dan ibu mendapat pembiayaan yang tidak benar dari pinjol -pinjol ilegal karena nanti bunganya akan merepotkan bapak ibu sendiri,” tuturnya.

Baca Juga: Gibran Sapa Petani Bawang di Brebes, Ini Pesannya

Hadir dalam kegiatan itu Sekretaris para pimpinan Industri Jasa Keuangan dari PT BPD Jawa Tengah, PT Permodalan Nasional Madani, PT Pegadaian dan BPJS Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud mengapresiasi upayaOJK untuk senantiasa memfasilitasi terselenggaranya kegiatan edukasi keuangan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Tegal.

“Saya memandang ini adalah momentum yang tepat untuk membangun ekosistem keuangan inklusi yang tangguh, sembari terus memperkuat edukasi atau informasi kepada pelaku UMKM tentang literasi keuangan.

Kesenjangan pada inklusi dan literasi
keuangan harus terus ditekan melalui edukasi ke masyarakat dan pelaku UMKM seperti yang diselenggarakan hari ini.

Minimal, dari sini kita bisa memahami risiko dan tidak mudah terjebak oleh praktik-praktik yang merugikan, seperti terjebak pinjaman online ilegal dengan bunga melangit,” kata Amir.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: pantura.suaramerdeka.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini