Nelayan di Eretan Indramayu Bisa Dapat KUR hingga Rp 350 Juta

Wednesday, 24 January 2024
Nelayan di Eretan Indramayu Bisa Dapat KUR hingga Rp 350 Juta
Nelayan di Eretan Indramayu Bisa Dapat KUR hingga Rp 350 Juta

paradapos.com - Pemerintah menyalurkan kredit usaha takyat (KUR) hingga Rp 350 juta kepada para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan Eretan Kulon, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penyaluran KUR yang mencapai Rp 350 juta diarahkan untuk mendorong kemajuan Tempat Pelelangan Ikan Eretan Kulon.

"Tadi beberapa pedagang dan nelayan ada yang memperoleh kredit sampai dengan Rp350 juta," kata Airlangga di Indramayu, Rabu (24/1).

Airlangga menyampaikan bahwa dalam kunjungannya, ada penerima KUR nelayan yang mempunyai tiga kapal dan berpenghasilan sekitar Rp 3 juta. Dengan penghasilan tersebut, nelayan itu bisa mendapatkan pinjaman KUR sebesar Rp 350 juta.

Dalam penyalurannya, pemerintah menggandeng beberapa bank negara, bank syariah, dan BPD. Selain itu, lanjut Airlangga, pemerintah juga menggandeng PT Pegadaian dalam penyaluran KUR bagi nelayan.

Dengan penyaluran KUR untuk nelayan, diharapkan masyarakat semakin mudah memperoleh modal kerja di bidang perikanan. Hingga 26 Desember 2023, penyaluran KUR telah mencapai Rp 255,8 triliun yang diberikan kepada 4,57 juta debitur.

Penyaluran tersebut diikuti dengan tingkat rasio kredit macet atau non-performing loan (NPL) yang terjaga di level 2,03 persen. Angka itu di bawah rata-rata NPL gross nasional sebesar 2,42 persen. Dalam rangka meningkatkan debitur KUR yang bergraduasi, sejak  2023 pemerintah menerapkan suku bunga atau marjin berjenjang bagi debitur KUR berulang.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jawapos.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini