Kinerja Industri Jasa Keuangan di Jawa Tengah Tumbuh Positif, Intip Beberapa Indikatornya

Wednesday, 17 January 2024
Kinerja Industri Jasa Keuangan di Jawa Tengah Tumbuh Positif, Intip Beberapa Indikatornya
Kinerja Industri Jasa Keuangan di Jawa Tengah Tumbuh Positif, Intip Beberapa Indikatornya

paradapos.com- Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Tengah menilai kinerja Industri Jasa Keuangan (IJK) di Jawa Tengah hingga November 2023 tumbuh positif.

Sejumlah indikator pembiayaan dan likuiditas pada IJK di Jawa Tengah tercatat stabil dan secara umum terjaga.

 

 

Kinerja Perbankan di Jawa Tengah pada November 2023 secara umum terjaga dengan baik dan mengalami peningkatan dibandingkan 2022.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Game Gratis di Steam, Ada The Sims 4 Hingga Dota 2

Dari sisi Aset perbankan di Jateng mencapai Rp513,16 triliun atau tumbuh sebesar 4,05 persen yoy.

Sementara dari sisi penghimpunan dana, dana pihak ketiga (DPK) perbankan di Jawa Tengah mencapai Rp398,64 triliun atau tumbuh sebesar 4,15 persen yoy.

Kepala OJK Jateng Sumarjono menyampaikan, penyaluran kredit di Jawa Tengah mencapai sebesar Rp367,68 triliun atau tumbuh sebesar 6,59 persen yoy.

Fungsi intermediasi berjalan dengan baik, tercermin dari rasio Loan to Deposit (LDR) yang mencapai 92,23 persen.

Baca Juga: Perbaikan Gorong-Gorong BikinJalur Pantura Mangkang Hingga Randugarut Macet Total, Di Sini Titik Paling Parahnya

Tercatat pada November 2023, share penyaluran kredit kepada UMKM mencapai 49,19 persen dan tumbuh sebesar 7,17 persen yoy.

"Share angka penyaluran kredit tersebut telah melampaui target yang ditetapkan oleh pemerintah agar kredit kepada UMKM dapat mencapai setidaknya 30 persen pada 2024," ujar Sumarjono.

Sementara itu dari sisi IKNB, jumlah penyelenggara fintech peer to peer lending berizin OJK hingga Oktober 2023 yaitu sebanyak 101 penyelenggara yang terdiri dari 95 penyelenggara dengan sistem konvensional dan 7 penyelenggara dengan sistem syariah.

Baca Juga: Link Streaming Acara Galaxy Unpacked 2024 Malam Ini, Jadilah Saksi Kemunculan Perdana Flagship Baru Samsung Disini

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suaramerdeka.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini