Disperin Perkuat Sinergi dengan Komunitas Industri NTB

Saturday, 13 January 2024
Disperin Perkuat Sinergi dengan Komunitas Industri NTB
Disperin Perkuat Sinergi dengan Komunitas Industri NTB

LombokPost-Program industrialisasi di NTB terus didorong dan ditingkatkan.

Salah satu upaya untuk mewujudkan itu, Dinas Perindustrian NTB memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan seluruh komunitas industri. Tidak hanya sebatas industri, kolaborasi juga dilakukan di sektor lain, seperti eduwisata.

Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti mencontohkan seperti Sirkuit Mandalika Lombok Tengah. Di samping sebagai tempat balapan, juga diharapkan memberi ruang kolaborasi antarkomunitas industri dengan sekolah di NTB.

”Hal itu untuk mengoptimalkan potensi wisata edukasi, memberikan pengalaman berharga kepada anak didik dan mengembangkan sirkuit sebagai destinasi multi-fungsi,” ujarnya.

Baca Juga: M Anwar, Politisi asal Kotaraja yang Ingin Berdayakan UMKM dan Bantu Petani Dapat Pupuk Subsidi

Tak hanya itu, sinergitas dengan stakeholder seperti industri kecil menengah (IKM) dan komunitas lainnya dinilai menjadi krusial. IKM membutuhkan mediasi untuk promosi. Sementara eduwisata memerlukan dukungan audio visual dalam era digitalisasi. ”Diharapkan komunitas film, ekspor, budaya, dan lainnya yang tergabung dalam komunitas industri (KOIN) bersinergi dalam memperkuat branding media, mendorong pertumbuhan industrialisasi yang lebih baik di NTB,” jelasnya.

Dalam konteks ini, pihaknya berharap sinergi yang kuat antara stakeholder, komunitas industri, dan pelaku pendidikan. Untuk memberikan dorongan signifikan untuk mencapai target industrialisasi 2024. Dengan dukungan komunitas film, ekspor, budaya, serta sektor lainnya, NTB diharapkan dapat tampil sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. ”Salah satu target diskusi kami, komunitas industri ini berharap kepada Disperin atau Pemprov NTB bisa segera merealisasikan banyak hal,” bebernya.

Baca Juga: RSUD Provinsi NTB Raih Predikat Pelayanan Publik Prima dari KemenPAN-RB

”Seperti menghidupkan kembali Meninting Bike Park. Sebab semuanya sepakat untuk bisa mengembangkan dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sejumlah komunitas yang dihadirkan dalam diskusi tersebut. Di antaranya komunitas Basement, Youtuber Lotim. Kemudian komunitas Bisa Ekspor Lombok, IOT Mataram NTB, Cinta Berkain Indonesia, Ramekan.id, Asosiasi Kopi, NICe, Lombok Phonegraphy. Ada juga Bengkel Aktor Lombok, Art Community, We Save NTB, Cendikia Robotic, dan Besiru. (fer/r9)

 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: lombokpost.jawapos.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini