Garap Bidang Infrastruktur, Emiten Prajogo Pangestu (TPIA) Ganti Nama

Saturday, 6 January 2024
Garap Bidang Infrastruktur, Emiten Prajogo Pangestu (TPIA) Ganti Nama
Garap Bidang Infrastruktur, Emiten Prajogo Pangestu (TPIA) Ganti Nama

SINAR HARAPAN-Emiten milik konglomerat Prajogo Pangestu, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), telah resmi mengumumkan perubahan nama perusahaan menjadi PT Chandra Asri Pacific Tbk.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi transformasi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan, dengan tujuan melakukan diversifikasi portofolio ke sektor-sektor di luar petrokimia.

"Perubahan nama menjadi PT Chandra Asri Pacific Tbk kami lakukan seiring langkah Perusahaan yang saat ini sedang melakukan diversifikasi bisnis, sebagai upaya untuk memberikan manfaat yang maksimal kepada seluruh pemangku kepentingan," ujar Direktur Sumber Daya Manusia dan Urusan Korporat TPIA, Suryandi, dalam keterangan resmi yang dikutip Sabtu (6/1).

TPIA kini juga telah merambah pengembangan bisnis di bidang kimia dan penyediaan infrastruktur, sebagai langkah untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keberlanjutan perusahaan.

Baca Juga: Harga CPO Lesu Lagi, Segini Besaran BK PE CPO Periode Ini!

Perubahan nama ini telah memperoleh persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar perusahaan, pada Jumat (29/12/2023) lalu dan telah mengantongi izin dari Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM), pada Rabu (3/1/2024) lalu.

Suryandi menjelaskan, saat ini Chandra Asri Group sedang melakukan diversifikasi bisnis sebagai upaya memperkuat kinerja Perusahaan.

Salah satu langkah strategis dalam diversifikasi portofolio bisnis TPIA adalah melalui akuisisi PT Krakatau Chandra Energi (sebelumnya dikenal sebagai PT Krakatau Daya Listrik) dan PT Krakatau Tirta Industri di sektor infrastruktur. Proses akuisisi ini dilakukan pada awal tahun 2023 oleh anak usaha TPIA, yaitu PT Chandra Daya Investasi (CDI).

Baca Juga: Perluas Jaringan Gas, PGAS dan Patra Jasa Jalin Kemitraan Strategis!

Selain itu, perusahaan juga berencana memperluas keberadaannya di sektor kimia melalui anak usaha lainnya, PT Chandra Asri Alkali (CAA). Melalui CAA, Chandra Asri Group berencana untuk membangun Pabrik Chlor-Alkali dan Ethylene Dichloride (CAA-EDC), sebagai langkah strategis untuk memperluas bisnisnya di bidang kimia.

Tidak hanya itu, Chandra Asri Group tetap berkomitmen untuk mendukung pembangunan kompleks petrokimia kedua berskala global (CAP2). Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk memperluas jangkauan bisnisnya tetapi juga sebagai kontribusi terhadap upaya nasional dalam mengurangi beban impor dan meningkatkan ketahanan industri di Indonesia.

"Perubahan nama Perusahaan menjadi PT Chandra Asri Pacific Tbk telah mempertegas seluruh langkah bisnis yang dilakukan guna memberikan dampak positif yang signifikan bagi para pemangku kepentingan," tutur Suryandi.

Baca Juga: Teken MoU Dengan Rans Entertainment, Harga Saham AIMS Meroket 50,19 Persen Dalam 5 hari Perdagangan

Dirinya juga menegaskan bahwa Perubahan nama ini sejalan dengan visi TPIA untuk menjadi Perusahaan Solusi Kimia dan Infrastruktur Terkemuka di Indonesia.

"Nama baru ini juga sekaligus mendukung visi kami untuk menjadi Perusahaan Solusi Kimia dan Infrastruktur Terkemuka di Indonesia," ungkap Suryandi.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: sinarharapan.co

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini