Konsumsi BBM di Banyumas Raya Melonjak

Sunday, 31 December 2023
Konsumsi BBM di Banyumas Raya Melonjak
Konsumsi BBM di Banyumas Raya Melonjak

PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Banyumas Raya melonjak pada momen libur akhir tahun.

Bahkan, lonjakan konsumsi BBM akan terus terjadi pada 30 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Executive General manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti, mengatakan, realisasi konsumsi BBM di Kabupaten Banyumas naik 9 persen, menyusul Banjarnegara naik sebesar 9 persen.

Sedangkan konsumsi BBM di dua kabupaten, yaitu Cilacap dan Purbalingga masing-masing naik sebesar 5 persen.

Sementar itu, Satuan Tugas (Satgas) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah mencatat, peningkatan konsumsi BBM tertinggi terjadi pada 23 Desember 2023.

Peningkatan itu terjadi pada produk Dex Series dan Pertamax Series dengan total volume Dexlite naik sampai 173 persen dan Dex naik sampai dengan 73 persen.

Baca Juga: Pedagang Asongan Manfaatkan Momen Malam Pergantuan Tahun Baru

Kemudian untuk produk Pertamax juga naik hingga 44 persen dan Pertamax Turbo naik hingga 62 persen.

Persentase kenaikan tersebut dibandingkan dengan rerata harian Oktober 2023.

"Kami memprediksi puncak arus libur tahun terjadi pada 30 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 dengan kenaikan konsumsi tetap di jalur tol namun di jalur B atau arah Jakarta," ujarnya.

Pertamina telah memprediksi kenaikan ini karena lokasi Jawa Tengah menjadi titik ideal untuk pengisian kendaraan dari Jakarta yang telah menempuh jarak lebih dari 250 kilometer.

Dia menjelaskan, penjualan gasoline dan gasoil paling tinggi terjadi di SPBU KM 338A yang berlokasi di tol Trans Jawa.

Kenaikan gasoline (bensin) di SPBU itu tercatat hingga 666 persen, sedangkan gasoil (BBM mesin diesel) di SPBU KM 429A naik 119 persen.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho menambahkan, jalur tol Trans Jawa menjadi perhatian Pertamina dalam mengurai antrean di SPBU regular.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: banyumas.suaramerdeka.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini